Refugia Matahari

admin POC, Uncategorized Comments

Saat ini petani masih sangat bergantung pada pestisida untuk menanggulangi hama dan penyakit di areal sawahnya. Padahal pestisida yang digunakan seringkali tidak tepat dosis dan jenis sehingga justru mematikan hewan lain yang bermanfaat bagi tumbuhan dan juga meninggalkan racun pada lingkungan persawahan bahkan residu pada tanaman atau buah yang dipanen.

Tanaman bunga matahari (Helianthus annus L) selain bunganya cantik juga efektif mengatasi hama atau sering disebut dengan istilah tanaman refugia. Refugia sendiri merupakan mikrohabitat buatan yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai tempat perlindungan, sumber pakan atau sebagai sumber daya lain bagi musuh alami hama seperti predator dan parasitoid.

Sebagai tanaman refugia, bunga matahari efektif untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi. Bunga matahari dapat menarik predator hama wereng jenis Pirate bugs yang memangsa thrips, aphids, mites, scales, white flies dan beneficial nites yang memangsa thrips,spieder mite, fungus gnats. Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora) yang memiliki sifat kanibal (saling memangsa). Sebagai musuh alami hama wereng, laba-laba (araneidae) bisa membuat jaring-jaring sutera yang ditempelkan di daun-daun dan juga ranting-ranting bunga matahari. Jaring yang dibuat oleh laba-laba ini berguna untuk menjebak hama wereng dan serangga hama lainnya yang terbang yang kemudian laba-laba segera menghampiri dan menusukkan taringnya kepada serangga untuk melumpuhkan dan memangsanya.

Bunga matahari juga dapat ditanam sebagai wind barrier atau penahan angin seperti yang dilakukan petani cabai dan bawang di lahan pasir Samas, Yogyakarta yang akhirnya terkenal karena menjadi spot selfie berlatar bunga matahari.

Pemanfaatan bunga matahari sebagai tanaman refugia cukup menguntungakan karena mudah dibudidayakan, mudah diperoleh, mudah pemeliharaannya, bisa ditumpangsari dengan tanaman lain, dan bunganya berwarna cerah sehingga dapat menarik serangga. Cukup dengan menanam bunga matahari sebagai pagar/border tanaman utama disawah, musuh alami akan berkembang dan mengatasi hama secara alami.

Selamat mencoba, semoga tanaman terbebas dari hama, sehat dan semakin sedap dipandang dengan adanya tanaman refugia.