Cara Memilih Benih Tanaman yang Baik

admin Uncategorized Comments

Salah satu hal terpenting dari proses menanam tanaman adalah pemilihan benih. Pemilihan benih yang berkualitas sangat penting karena nantinya akan menentukan potensi hasil pertanian yang ditanam atau dibudidayakan.
Cara memilih benih yang baik yaitu:

1. Pilih benih yang kemasannya masih bagus, dan memiliki tanggal kadaluarsa. Pastikan kita menanam benih tersebut sebelum kadaluarsa.

2. Beli benih di kios atau toko pertanian yang terpercaya. Pastikan kemasan asli, belum dipacking ulang. Benih yang dipacking ulang beresiko mengalami kontaminasi bibit penyakit.

3. Jika benih diperoleh dari petani, pastikan anda mendapatkan bibit tersebut dari petani yang berpengalaman dan mengetahui tentang mutu dan jenis bibit dengan baik.

4. Benih yang berkualitas biasanya berisi dan bernas, ditandai dengan berat timbangan seperti yang semestinya, memiliki penampakan penuh dan tidak hampa. Benih yang bernas jika dimaukkan air akan tenggelam sedangkan benihyang hampa akan mengapung.

5. Benih yang baik penampakannya bersih dan tidak tercampr oleh kotoran.

6. Benih juga memiliki warna cerah seperti warna asli, tidak kusam atau berubah warna. Perubahan wana biasanya menandakan benih sudah terkontaminasi.

7. Ciri selanjutnya yaitu benih memiliki ukuran yang seragam dan memiliki penampakan yang normal. Ukuran yang seragam menadakan benih berkualitas dan telah diselaksi dengan baik.
Penggunaan benih yang berkualitas nantinya akan membuat potensi tanaman lebih tahan terhadap hama dan penyakit dan mengasilkan panenan yang optimal.

Namun, tidak hanya benih yang berperan penting terhadap hasil panenan. Tulisan selanjutnya akan mengurai faktr lain yang menunjang suksesnya budidaya tanaman pertanian. Semoga bermanfaat.