Kaidah Penyemprotan Pupuk Cair

admin Uncategorized Comments

Seperti yang kita ketahui, pupuk daun (foliar fertilizer) merupakan istilah bagi pupuk yang cara aplikasinya dilakukan dengan penyemprotan ke bagian daun. Aplikasi pupuk daun memiliki 3 kelebihan, Antara lain:
1. Penyerapan unsur hara yang diberikan berlangsung lebih cepat.
2. Pupuk daun mencegah kerusakan tanah lebih lanjut
3. Memiliki kandungan hara yang lebih lengkap
Untuk hasil aplikasi pupuk daun yang efektif dan efisien maka perlu memperhatikan kaidah-kaidahnya. Kaidah atau petunjuk yang perlu diperhatkan saat aplikasi pupuk yaitu tepat teknik, tepat sasaran, tepat jenis, tepat waktu dan tepat dosis/konsentrasi.

a. Tepat teknik
Aplikasi pupuk daun dilakukan dengan cara penyemprotan (spraying). Penyemprotan dilakukan sampai daun terlihat basah

b. Tepat sasaran
Daun memiliki stomata (mulut daun) yang terletak pada bagian punggung daun. Oleh karena itu agar aplikasi pupuk daun tepat sasaran, maka saat penyemprotan, nozzle (alat semprot) diarahkan ke bagian daun yang menghadap ke bawah.

c. Tepat Jenis
Jenis pupuk daun yang hendak dipakai disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Apabila untuk memacu pertumbuhan vegetative maka pupuk daun yang digunakan adalah pupuk yang mengandung kadar N tinggi. Dan apabila tujuannya untuk mensuplai tanaman menjelang pembungaan dan pembuahan maka digunakan pupuk dengan kandungan P & K yang dominan.

d. Tepat dosis
Dosis yang digunakan harus sesuai petunjuk pada kemasan. Agar lebih aman, gunakan dosis dibawah rekomendasi namun disisi lain frekuensinya dipercepat

e. Tepat waktu
Waktu yang ideal saat aplikasi pupuk daun yaitu pada pahi atau sore hari. Pada waktu inilah stomata akam membuka sempurna.

3 hal yang perlu diperhatikan terkait waktu aplikasi yaitu:
– jangan melakukan pada siang saat panas terik, karena cuaca panas akan berdampak pada pupuk daun akan banyak yang menguap sebelum terserap tanaman
– Jangan menyemprot pada malam hari, karena pada malam hari stomata sedang menutup, otomatis pupuk daun tidak terserap oleh tanaman
– Jangan menyemprot jika ada tanda-tanda hujan akan turun. Pupuk daun yang belum terserap akan tercuci oleh air hujan.