Categories
Uncategorized

Cara Budidaya Semangka untuk Pemula, Jaminan Hasil Melimpah!

Mengontrol dan Pemeliharan Semangka

Siapa saja bisa melakukan budidaya semangka. Akan tetapi, sebagai pemula, perlu untuk mengetahui cara budidaya semangka yang tepat. Sebab, untuk menghasilkan semangka berkualitas, ada berbagai tahapan yang harus dilakukan. Sebaliknya, budidaya yang dilakukan serampangan bisa jadi tidak akan menghasilkan buah semangka yang baik. 

Semangka adalah buah yang berasal dari Afrika Tengah. Di Indonesia, budidayanya sudah sangat masif. Hampir setiap daerah ada petani yang melakukan budidaya semangka. Di sisi lain, semangka pun menjadi salah satu buah yang banyak digemari banyak kalangan. 

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara budidaya semangka yang tepat untuk memaksimalkan hasil panen. Dari informasi yang diberikan, tentu bisa sangat membantu Anda sebagai pemula. Simak ulasannya!

Peluang Usaha Komoditi Pertanian Semangka

Pada sektor usaha komoditi pertanian, bisa dikatakan semangka memiliki peluang yang cukup besar. Pasalnya, seperti diketahui, di Indonesia semangka menjadi salah satu buah yang sering dikonsumsi. 

Hal ini membuat permintaan pasar cukuplah tinggi. Ditambah lagi kandungan airnya yang cukup banyak, membuat semangka cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Jadi, peluang usaha semangka cukup menjanjikan. Peluangnya yang terbuka luas, serta tingkat permintaannya yang tinggi. Tentunya, bisa dimanfaatkan petani untuk meningkatkan keuntungan. Mengingat, penjualan hasil panen petani yang kerap kali dijual dengan harga rendah.

Cara Budidaya Semangka yang Efektif Meningkatkan Hasil Panen

Budidaya buah semangka, Sumber: saprotan-utama.com
Budidaya buah semangka, Sumber: saprotan-utama.com

Setiap jenis tanaman, pasti ada caranya tersendiri untuk menanamnya. Sama halnya dengan semangka, ada caranya untuk menghasilkan buah berkualitas. Serta, hasil panen yang melimpah. Sebagai petani, tentunya selalu menginginkan hasil panen yang terbaik.

Lalu, apa saja cara budidaya semangka untuk meningkatkan hasil panen? Berikut ini diantaranya:

1. Menentukan Jenis Semangka yang Ditanam

Semangka juga memiliki beberapa jenis. Umumnya, di Indonesia terdapat 4 jenis yang dibudidayakan. Jenis tersebut diantaranya semangka tanpa biji, Semangka hibrida, semangka piknik, dan semangka daging kuning. Semua jenis semangka ini, memiliki kelebihannya masing-masing. Mulai dari rasa hingga berat buahnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda ketahui terlebih dahulu jenis semangka mana yang ingin ditanam. Agar mudah memilih, Anda bisa sesuaikan dengan jenis semangka yang banyak dicari di pasaran. Dengan begitu, hasil panen semangka nantinya bisa cepat laku terjual.

2. Persiapan Lahan Tanam

Mempersiapkan lahan tanam semangka, hampir sama dengan tanaman buah lainnya. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar tidak salah mempersiapkannya, berikut ini tahapan persiapan lahan tanam semangka.

  • Melakukan pembersihan dan membajak tanah
  • Menggunakan produk vitamin tanah untuk meningkatkan unsur hara
  • Membuat bedeng dengan ketinggian 40-60 cm dan jarak antar bedeng sepanjang 60 cm
  • Menutup bedeng menggunakan mulsa plastik dan memberi lubang ber diameter 10 cm
  • Setiap lubang tanam dibuat sama dan menyesuaikan jarak tanam semangka

3. Penyemaian Bibit Semangka

Biasanya penyemaian bibit semangka dilakukan satu minggu sebelum masa tanam. Melakukan penyemaian tidak dilakukan begitu saja. Akan tetapi, ada perlakuan khusus untuk bisa menghasilkan tunas muda semangka yang bagus.

Berikut beberapa tahapan penyemaian bibit semangka.

  • Membuat media semai bibit yang ideal dengan tambahan produk vitamin tanah
  • Rendam terlebih dahulu biji atau bibit semangka selama 8-12 jam, setelah itu lakukan penirisan 
  • Selanjutnya masukan benih semangka ke dalam plastik tanam (polybag) ukuran 1 kg. Anda bisa berkunjung seperti ke toko pertanian di Jogja yang menyediakan plastik tanam dengan variasi lengkap
  • Tiup dan ikat plastik tanam menggunakan karet
  • Benih tunas muda semangka akan tumbuh setelah 3 sampai 4 hari 

4. Penanaman Semangka 

Penanaman semangka, Sumber: pertanianku.com
Penanaman semangka, Sumber: pertanianku.com

Setelah tunas muda semangka sudah siap, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah pemindahan ke lahan tanam. Namun, pemindahan tunas muda semangka dilakukan berdasarkan waktu. Hal ini dilakukan agar tunas muda semangka tidak mengalami stress.

Waktu pemindahan yang cocok adalah pada jam 10 pagi dan jam 3 sore. Waktu ini dipilih karena tingkat intensitas cahaya matahari tidak begitu terik. Dengan begitu, memudahkan tunas muda semangka dapat beradaptasi. Terutama dengan lahan tanam yang menjadi tempat tumbuh dan kembang semangka.

5. Mengontrol dan Pemeliharan Semangka

Untuk membuat semangka  dapat memasuki masa panen tepat waktu. Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah mengontrol dan pemeliharan semangka. Berikut ini beberapa tahapan yang dilakukan.

  • Penyulaman tanaman semangka setelah memasuki 10 hari sejak ditanam
  • Melakukan pemangkasan cabang dan daun, agar tidak menghambat pertumbuhan semangka
  • Memasuki usia 52 hari tanam, lakukan penyerbukan buatan untuk mendapatkan hasil buah semangka yang bagus
  • Penjarangan seleksi buah semangka setelah 3-5 hari masa penyerbukan buatan untuk memilih bakal buah sesuai kebutuhan
  • Pemberian alas buah bisa menggunakan jerami atau sejenisnya. Agar, mengantisipasi pertumbuhan gulma
  • Memberikan pengairan lahan tanam semangka sesuai proses pertumbuhan (vegetatif dan generatif). Menjadi salah satu cara menanam semangka di musim kemarau
  • Penyiangan tanaman semangka dari gulma hingga ke akarnya untuk mengantisipasi tumbuh kembali
  • Melakukan pemupukan tambahan untuk menjaga nutrisi semangka selalu terpenuhi. Agar, dapat menghasilkan semangka yang berkualitas
  • Rutin membalikan buah semangka 2 minggu sekali untuk mencegah dari perubahan warna kulit, akibat paparan sinar matahari

6. Pengendalian Semangka dari Serangan Hama 

Hama yang sering menyerang tanaman semangka seperti Trips, Kutu Daun, Tungau, dan Kresek. Hama ini harus bisa dikendalikan atau dicegah, agar tidak mengganggu pertumbuhan semangka. Jika tidak, dampak yang bisa ditimbulkan adalah gagal panen.

Untuk mengatasi serangan hama dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menjaga sanitasi kebersihan kebun
  • Rutin melakukan penyemprotan daun semangka dengan campuran air dan sabun insektisida
  • Memantau secara langsung kondisi semangka dari sarang hama. Lalu, lakukan pembersihan
  • Menggunakan produk pembasmi hama pertanian

7. Memanen Semangka Sesuai Masa Tanam

Hasil panen semangka, Sumber: rumah123.com
Hasil panen semangka, Sumber: rumah123.com

Masa panen semangka juga ditentukan dari ketinggian tanamnya. Pada umumnya, semangka sudah bisa dipanen setelah 65-86 hari dari masa tanam. Ciri-ciri semangka sudah bisa dipanen seperti warna dan tekstur terlihat bersih, bersuara agak berat, tangkai buah mengecil, dan warna terlihat lebih pekat.

Sedangkan bila semangka ditanam pada ketinggian 700-900 mdpl. Maka, masa panennya kurang lebih selama 90-100 hari dari masa tanam. Dengan demikian, semangka bisa dipetik sesuai masa panennya. Bila diluar dari masa panennya, tentu akan mempengaruhi kualitas semangka.

Sebagai pemula di pertanian semangka, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan hasil panen yang bagus. Dari cara yang telah dijelaskan di atas, tentu akan sangat membantu Anda budidaya buah semangka. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh hasil panen berlimpah dan berkualitas.

Meningkatkan Kualitas Semangka dengan Suplemen Nutrisi Mitra Tani

Produk Suplemen Nutrisi Mitra Tani, Sumber: mitratani.co.id
Produk Suplemen Nutrisi Mitra Tani, Sumber: mitratani.co.id

Selain menggunakan vitamin tanah dan pupuk, terdapat juga produk pertanian lainnya untuk meningkatkan kualitas semangka. Produk tersebut adalah suplemen nutrisi yang memiliki manfaat untuk mengoptimalkan penyerapan unsur hara.

Anda bisa mendapatkan produk suplemen nutrisi di Mitra Tani. Ya, hanya di Mitra Tani berbagai kebutuhan produk pertanian bisa Anda dapatkan dengan mudah. Untuk kualitas, tak perlu diragukan. Karena produk pertanian kami, sudah dibuktikan oleh para petani untuk meningkatkan kualitas dan hasil panen.

Tak perlu tunggu lama lagi, langsung saja hubungi CS Mitra Tani untuk melakukan pemesanan. Atau Anda juga bisa berkunjung pada laman produk Mitra Tani untuk melihat produk pertanian lainnya. Tak ketinggalan, Anda juga bisa mendapatkan produk pertanian dengan harga terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *