Categories
Uncategorized

6 Ide Strategi Pemasaran Hasil Panen, Efektif Meningkatkan Keuntungan Petani!

Strategi pemasaran hasil panen

Sebagai petani, memahami strategi pemasaran adalah hal penting yang berpengaruh pada bisnis. Dengan strategi yang tepat, keuntungan dari hasil panen bisa mengalami peningkatan. Terutama, ketika panen tiba. Seperti diketahui, salah satu masalah petani yang kerap berulang adalah tersendatnya pemasaran hasil panen hingga berbuah kerugian.

Proses penanaman hingga perawatan, tentunya membutuhkan tenaga yang ekstra. Serta, waktu yang tidak sebentar menunggu masa panen. Inilah kenapa petani harus bisa menjual hasil panen dengan harga terbaik agar jerih payah yang dilakukan bernilai tinggi. 

Lantas, apa saja strategi pemasaran hasil panen untuk meningkatkan keuntungan? Simak ulasannya!

Pentingnya Menerapkan Strategi Pemasaran 

Menerapkan strategi pemasaran pertanian, Sumber: mas-software.com
Menerapkan strategi pemasaran hasil panen, Sumber: mas-software.com

Semua produk yang dijual, pasti akan menerapkan strategi pemasaran. Hal ini dilakukan untuk membuat produk yang dijual dapat bersaing. Produk yang mampu bersaing di pasar penjualan, tentu akan mendapatkan keuntungan maksimal. Karena bisa menarik banyak konsumen untuk membelinya.

Inilah yang menjadi alasan mengapa strategi pemasaran cukup penting. Bukan hanya untuk produk tertentu saja, tetapi semua jenis produk jual. Contohnya menjual hasil panen pertanian. Dimana, keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan bisa dimaksimalkan.

Tidak hanya itu, seiring persaingan bisnis yang bertambah ketat, menemukan strategi pemasaran yang tepat adalah keharusan. Nantinya, dalam jangka panjang, bisnis Anda -dalam hal ini penjualan hasil panen, akan cenderung lebih stabil dan juga lebih menguntungkan.

Strategi Pemasaran Hasil Panen untuk Meningkatkan Keuntungan

Meningkatkan keuntungan bukanlah sesuatu hal yang sulit. Anda yang berprofesi sebagai petani pun bisa melakukannya. Karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan hasil panen. Syaratnya, Anda harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. 

Berikut ini beberapa strategi pemasaran hasil panen untuk meningkatkan keuntungan.

1. Meningkatkan Kualitas Hasil Panen

Hasil panen, Sumber: kilassulut.com
Hasil panen, Sumber: kilassulut.com

Komoditi pertanian yang dijadikan sebagai produk jual harus memiliki kualitas bagus. Ini menjadi strategi pertama yang harus dilakukan. Bila produk yang dijual berkualitas, tentu mencari konsumen yang membelinya tidaklah sulit. Sebab, kualitas produk pertanian menjadi sangat penting untuk mendapatkan harga jual yang baik.

Untuk membuat hasil panen memiliki kualitas bagus, penggunaan produk nutrisi tanah yang sudah terbukti ampuh bisa menjadi opsi. Ditambah juga dengan penggunaan suplemen nutrisi. Dengan begitu, hasil panen yang didapatkan akan memiliki kualitas bagus.

2. Menyediakan Produk Komoditi Sesuai Kebutuhan Pasar

Melihat kebutuhan komoditi sesuai kebutuhan pasar, perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar hasil panen dapat terjual dengan mudah di pasaran. Karena untuk meningkatkan keuntungan, produk harus bisa terjual dengan baik.

Kebutuhan komoditi yang selalu dibutuhkan pasar adalah sayur-mayur dan buah-buahan. Komoditi pertanian tersebut, bisa menjadi produk utama. Ketika produk komoditi sesuai kebutuhan pasar, maka penjualan hasil panen menjadi lebih mudah.

3. Mengetahui Harga Jual di Pasaran

Sebelum menjual hasil panen di pasaran, ketahui dulu harga jual di konsumen. Sebagai petani hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan. Biasanya harga jual dari pedagang di pasaran cukup tinggi. Membuat harga jual dari petani juga perlu disesuaikan.

Biasanya pengepul (distributor) akan membeli dengan harga yang cukup murah dari petani. Hal ini tentunya membuat keuntungan petani menjadi sangat kecil. Cara agar bisa meningkatkan keuntungan hasil panen yaitu menyesuaikan harga jual di pasaran. Strategi ini bisa dikatakan cukup efektif.

4. Pemangkasan Distribusi Penjualan 

Distribusi penjualan yang panjang, biasanya hanya menguntungkan beberapa pihak saja. Misalnya, pihak pengepul yang membeli langsung dari petani. Selanjutnya, akan didistribusikan lagi ke berbagai pihak. Hingga akhirnya sampai ke pedagang dan dijual kepada konsumen.

Jika dilihat distribusi pemasaran hasil pertanian tersebut, cukuplah panjang. Hal ini membuat Anda sebagai petani harus bisa memangkasnya. Cara yang bisa dilakukan adalah langsung menjualnya ke pihak pedagang. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan bisa jauh lebih baik. Ketimbang, keuntungan penjualan yang didapatkan dari pihak pengepul.

5. Menetapkan Standar Harga Jual

Standar harga jual hasil panen, Sumber: accurate.id
Standar harga jual hasil panen, Sumber: accurate.id

Terkadang harga jual hasil panen ditentukan dari pihak pembeli. Artinya, petani belum bisa menjadi price maker atau pembuat harga. Hal ini terkadang memang cukup menyulitkan petani. Karena disisi lain, hasil panen harus bisa dijual cepat, agar tidak menurunkan kualitasnya. Atau bahkan rusak akibat disimpan terlalu lama.

Strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah dengan menetapkan harga jual. Walaupun sedikit sulit, tetapi hal ini bisa sangat membantu meningkatkan keuntungan. Ketika dari petani sudah memiliki harga jual yang pasti. Tentunya, penjualan hasil panen tidak begitu sulit untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

6. Memanfaatkan Penjualan Online

Sebagai petani juga harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah memanfaatkan penjualan online. Jadi, hasil panen yang telah diperoleh bisa langsung dipasarkan melalui marketplace. Atau media penjualan online lainnya seperti website. Ini merupakan salah satu dari strategi pemasaran modern.

Apakah efektif? Jawabannya tentu sangatlah efektif. Karena penjualan online bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Tetapi, website penjualan perlu untuk dioptimasi, agar bisa ditemukan oleh target konsumen dengan mudah.

Nah, untuk melakukan optimasi website penjualan, Anda bisa gunakan jasa SEO bulanan. Harga layanan yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Jadi, sebagai petani akan sangat terbantu dengan jasa layanan yang diberikan.

Menjadi petani bukan berarti hasil panen tidak bisa mendapatkan keuntungan penjualan yang baik. Dengan menggunakan strategi pemasaran hasil panen. Tentunya, akan sangat membantu untuk meningkatkan keuntungan. 

Bukan hanya untuk komoditi tertentu saja, seperti untuk keuntungan panen padi. Tetapi, strategi pemasaran yang telah dijelaskan, bisa digunakan untuk semua jenis komoditi pertanian. 

Butuh Produk Pupuk untuk Meningkatkan Hasil Panen, Tersedia di Mitra Tani!

Produk Suplemen Nutrisi Mitra Tani, Sumber: mitratani.co.id
Produk Suplemen Nutrisi Mitra Tani, Sumber: mitratani.co.id

Dari strategi pemasaran, dijelaskan bahwa hasil panen harus memiliki kualitas bagus. Oleh karenanya, dibutuhkan juga produk pupuk yang kaya akan unsur hara. Manfaat unsur hara adalah untuk meningkatkan kekuatan jaringan tanaman.

Tidak sulit mencari produk pupuk yang kaya akan unsur hara. Karena produk tersebut tersedia di Mitra Tani, pusatnya produk  pertanian berkualitas. Setiap produk pertanian yang kami sediakan, telah terbukti akan manfaatnya. Jadi, tak perlu ragu menggunakan produk pupuk dari kami.

Bila Anda tertarik dengan produk pupuk untuk meningkatkan kualitas panen. Bisa langsung saja memesannya melalui CS Mitra Tani. Anda pun bisa konsultasi terlebih dahulu mengenai jenis produk yang cocok digunakan. Serta, Anda juga bisa mendapatkan penawaran produk pertanian lainnya dengan harga terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *